the ROAD CREW

Kamis, Januari 03, 2008

Buat lo yang punya band dan uda mulai ngetop...ude saatnya lo org pny road crew..apa sih road crew??
Road crew adalah orang-orang yg ngurusin segala sesuatunya selama lo jalanin tour..Beuh,,pasti capek tuh..hahaha...
bahkan saking pentingnya,,grup band Motorhead aja ampe buat trek yg judulnya We Are The Road Crew....Beuh..keren...
nih gue kasih tau elemen-elemen road crew..

Tour Manager
Nih orang bertanggung jawab penuh dalam mengorganisir dan ngatur produksi konser sebuah band di lapangan...Beuh..repot tuh pasti..Bisa dibilang dia ini adalah ketua rombongannya..nih orang juga adalah orang yang koordinasi ama pihak EO atau promotor..

Production Manager
Orang ini ngebantu Tour Manager dalam teknis produksi sebuah konser...dari tata cahaya, video, logistik barang, dan sebagainya..Beuh..dia ini yg bertanggung jawab atas produksi konser keseluruhan..

Stage Manager
Nih orang fungsinya untuk ngatur proses load-in(masuk) dan load-out(keluar) segala macem hardware di panggung..biasanya nih orang adalah tangan kanan Production Manager nih...karena dia yang ngatur keperluan logistik panggung...

Business Manager
Kalo lo uda jadi band besar...lo perlu orang ini....fungsinya orang ini yang ngatur segala urusan finansial....Dia yang bayar honor kru, pajak tontonan, tagihan, hingga buat bugeting konser...ia juga buat pembukuan dan bisa ngasih saran mengenai aliran dana suatu band..

FOH & Monitor Sound Engineer
Fungsi nih orang untuk mengatur segala sesuatu tentang sound system...Ketika lo konser..FOH (Front of House Engineer) bertugas mengatur dan ngejaga kualitas suara yang terbaik buat penonton...Beuh penting banget..

Teknisi Alat Band
Ada teknisi Gitar, Bas, Keyboard, Drum, dll.....nah masing-masing teknisi bertanggung jawab pada alat yang di pegangnya...teknisi ini gunanya untuk nyiapin alat lo sebelum konser...mulai dari stem gitar, masang drum, dll...

Lighting Director
Dari namanya jelas ini soal pencahayaan..nih org bertanggung jawab penuh terhadap lighting suatu konser..

0 comment(s):